Selasa, 31 Januari 2017

Kumpulan 20 Template Blog Keren Untuk Blog Berita

Pemilihan template dapat dikatakan cukup berpengaruh pada baik tidaknya SEO blog dimata mesin pencari, seperti Google dan Bing. Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu, saya mencoba mengganti template blog saya dari template Blogku Blogger Templates (Buatan Mas Sugeng, atau lebih tepatnya hasil clone theme wordpress) menjadi Johny Wusss, yang membuat traffic blog saya turun secara berkala.

Seperti kasus yang saya alami diatas, percaya tidak percaya, pemilihan template yang tepat untuk diterapkan di blog sangat berpengaruh pada SEO. Semakin menarik tampilan blog anda, semakin nyaman pula pengunjung menikmati artikel yang anda sajikan di blog anda.

Sampai saat ini, ada 3 faktor utama yang menjadi penentu bagus tidaknya sebuah template dalam hal SEO, berikut diantaranya:

  • Mobile friendly
    Mobile friendly atau bersahabat dengan mobile adalah sebutan untuk template yang dapat diakses melalui mobile device, seperti smartphone (android/iOS), tablet, dan perangkat perangkat lainnya.

    Mengingat baru baru ini Google menerapkan algoritma yang memprioritaskan blog dengan template support mobile friendly dan menjatuhkan SERP blog yang tidak support, maka dari itulah template Mobile Friendly memegang peran penting dalam SEO.

    Untuk melakukan pengecekan support tidaknya Mobile friendly sebuah template, anda dapat melakukan pemeriksaan di: google.com/webmasters/tools/mobile-friendly
  • Kecepatan loading
    Pada sebuah template, tak jarang orang yang membuat template memberikan coding coding yang berlebihan untuk memberikan dekorasi tampilan yang lebih menarik, dengan cara menambahkan lebih banyak JavaScript dan jQuery. Dalam SEO, dekorasi berlebihan tersebut justru membuat template menjadi berat, yang menyebabkan loading blog menjadi lambat dan hal ini sangatlah tidak disukai oleh search engine.

    Ada baiknya, anda memilih template yang memiliki kecepatan loading yang sedang, semakin cepat semakin baik. Namun saya sarankan jangan terlalu sibuk untuk mencari template dengan kecepatan loading 100% cepat, cukup cari template yang membuat pengunjung merasa nyaman saja.

    Untuk mengecek cepat-lambatnya loading sebuah template, anda dapat melakukan pengecekan di: gtmetrix.com atau developers.google.com/speed/pagespeed/insights. Carilah template yang masing masing memiliki persentase kecepatan lebih dari 75/100 atau 75%.
  • Responsive
    Untuk membuat pengunjung nyaman ketika membaca artikel anda, ada baiknya bagi anda untuk menerapkan template responsive.
    Template responsive adalah template yang menyesuaikan ukurannya (lebar dan tinggi) dengan perangkat yang digunakan. Dengan kata lain, jika anda mengakses blog anda menggunakan smartphone, tablet, dan perangkat/device lainnya, lebar blog anda akan menyesuaikan sesuai dengan perangkat yang digunakan.


Berikut ini Koleksi 15 Template Blog Keren dan SEO Friendly untuk Blog Berita, juga bisa untuk blog yang kategorinya banyak.

1. CB Newspaper - Premium News Blogger Template


2. Detik Style - Premium News Blogger Template

Detik Style - Premium News Blogger Template

3. CB Magazine - Free News Site Blogger Template 

CB Magazine - Free News Site Blogger Template

4. Trendy Magz - Premium Responsive Blogger Template

trandy magz

5. MotoGP Crash 

MotoGP Crash

6. CB Style Magz 

CB Style Magz

7. CB Simple News - Premium News Site Blogger Template

CB Simple News - Premium News Site Blogger Template

8. CB Online News  - Premium News Site Blogger Template

CB Online News

9. CB Video Blog - Template Blog Video Responsive 

CB Video Blog - Template Blog Video Responsive

10. CB Sporty - Premium News Site Blogger Template  


11. Mag One

Mag One

12. Flat Press

Flat Press Blogger Responsive Template

DEMO | DOWNLOAD

13. Flat News

Flat News - Easy News & Magazine Template

14. Desire Mag

Desire Mag

15. SNews - Responsive Blogger Template

SNews - Responsive Blogger Template



Itu dia koleksi Template Blog Keren dan SEO Friendly untuk Situs Berita. Gak usah bingung milihnya. Pilih salah satu yang "cocok" dengan hati anda

Tapi ingat, jangan "egois" karena yang menilai tampilan blog kita itu user dan mesin pencari. Bagus menurut kita, belum tentu bagus buat SEO dan bagi user dan juga meta tag. menurut gw betul gak....?

Seperti yang anda lihat, semua template diatas memiliki tampilan yang dapat dikatakan simple/sederhana, hal ini dikarenakan yang membuat template tidak berlebihan menambahkan dekorasi pada template, sebagai hasilnya, sebuah template ringan dengan loading cepat dengan tampilan yang enak dimata siap diterapkan di blog anda.

Untuk memodifikasi template-nya pun terbilang cukup mudah, mengingat coding yang terpasang tidaklah begitu banyak. Dengan menggunakan template sederhana seperti ini, anda akan dapat menghindari fenomena dimana 'tampilan pada demo/live preview tidak sesuai dengan hasil yang didapatkan'.

Semoga bermanfaat | Kinekaru |